StarSquad

22 Maret 2011

EMPAT MUSIM DI JEPANG - MUSIM PANAS

Musim Panas (natsu) diawali dengan musim hujan sekitar seminggu, yang disebut Tsuyu. Musim Panas di Jepang bisa mencapai suhu maximum 35°C, dengan kelembapan lebih dari 90%. So, gag perlu olahraga angkat besi, dengan duduk diam saja, sudah sukses membuat kita mengeluarkan keringat.

Musim Panas dimulai sekitar bulan Juni ditandai dengan pohon-pohon hijau dan nyanyian ribut serangga yang bernama ‘Semi’. Sekolah di Jepang memberi libur Musim Panas sekitar sebulan. Salah satu aktivitas yang disukai kaum muda Jepang di Musim Panas adalah bermain ke pantai dan ke laut. Meski di tiap musim juga diadakan festival, Musim Panas adalah musim dengan jumlah festival terbanyak dan tersemarak.


Musim panas adalah saat di mana sayuran bisa dipanen dalam jumlah besar. Di masa lalu hampir seluruh jenis sayuran hanya bisa dihasilkan selama musim panas. Musim semi saat cuaca mulai hangat, orang mulai menanam sayur. Hasilnya baru bisa dipetik saat musim panas. Karena keterbatasan ini orang Jepang mengembangkan berbagai metoda untuk mengawetkan sayuran.


Dengan rumah kaca masa tanam sayuran jadi lebih panjang. Kini sayur dapat dinikmati di sepanjang musim. Ini termasuk karena adanya sayur impor. Tapi tetap saja sayuran paling banyak bisa dinikmati pada musim panas.

Sayuran di Jepang tak banyak berbeda dengan di Indonesia. Dalam soal keragaman sebenarnya kita lebih kaya. Yang umum dimakan orang Jepang adalah berbagai jenis sawi, kubis (termasuk sawi putih), brokoli, dan lain-lain. Juga yang khas Jepang seperti horenzo.


Untuk lauk pauk, yang khas musim panas adalah unagi. Ini adalah sejenis belut. Kebanyakan hasil ternak. Daging unagi dipisahkan dari tulangnya dengan teknik yang khas, yang sering kali dipertontonkan di berbagai acara TV. Daging unagi tanpa tulang ini lalu dipanggang dengan bumbu kecap (shoyu) manis (disebut kabayaki), dan dihidangkan di atas semangkuk nasi.
Unagi dipercaya sebagai makanan yang bisa meningkatkan stamina untuk menghadapi panasnya cuaca yang bisa menimbulkan penyakit khas yang disebut natsubate. Hamamatsu adalah daerah yang terkenal sebagai penghasil unagi yang lezat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar